Perbedaan 5P dan 7P Bauran Dalam Pemasaran
5P (Konvensional)
5P adalah taktik marketing yang
dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan
hati klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol
bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik
marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.
1. Product
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan
keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk
atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan
kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru
dari produk.
2. Price
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana
itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan
seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan
metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan
memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan
kemungkinan memberikan diskon.
3. Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan
untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan
penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik
marketing.
4. Place
Place
adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah.
Jika
Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci
utama taktik marketing Anda.
5. People
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda
telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung
Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan
keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan
pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang
cakap.
Dalam
komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud
dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran
(marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya
adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam
marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen
yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan
strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price,
place, promotion, people, process, dan physical evidence.
1. Product
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
3. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran
4. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain:
- Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
- Mengkomunikasikan produk baru
- Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
- Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
- Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
- Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk
5. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
7. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.
Referensi :
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html (Kamis/8/11/2018/16:17)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&tbm=isch&q=bauran+5p&chips=q:konsep+5p+dalam+pemasaran,online_chips:bauran+pemasaran&usg=AI4_-kQ6FfKwvsXhBRlonCs3_rldn3fiSg&sa=X&ved=0ahUKEwiaxOiivMTeAhWHMY8KHVIYCGgQ4lYIKigB&biw=1366&bih=659&dpr=1#imgrc=a9PWhFDCQzOvpM: (Kamis/8/11/2018/16:36)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&tbm=isch&q=bauran+5p&chips=q:konsep+5p+dalam+pemasaran,online_chips:bauran+pemasaran&usg=AI4_-kQ6FfKwvsXhBRlonCs3_rldn3fiSg&sa=X&ved=0ahUKEwiaxOiivMTeAhWHMY8KHVIYCGgQ4lYIKigB&biw=1366&bih=659&dpr=1#imgrc=DWHpU2G4eUz9xM: (Kamis/8/11/2018/16:38)
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (Kamis/8/11/2018/16:43)
1. Product
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
3. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran
4. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain:
- Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
- Mengkomunikasikan produk baru
- Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
- Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
- Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
- Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk
5. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
7. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.
Referensi :
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html (Kamis/8/11/2018/16:17)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&tbm=isch&q=bauran+5p&chips=q:konsep+5p+dalam+pemasaran,online_chips:bauran+pemasaran&usg=AI4_-kQ6FfKwvsXhBRlonCs3_rldn3fiSg&sa=X&ved=0ahUKEwiaxOiivMTeAhWHMY8KHVIYCGgQ4lYIKigB&biw=1366&bih=659&dpr=1#imgrc=a9PWhFDCQzOvpM: (Kamis/8/11/2018/16:36)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&tbm=isch&q=bauran+5p&chips=q:konsep+5p+dalam+pemasaran,online_chips:bauran+pemasaran&usg=AI4_-kQ6FfKwvsXhBRlonCs3_rldn3fiSg&sa=X&ved=0ahUKEwiaxOiivMTeAhWHMY8KHVIYCGgQ4lYIKigB&biw=1366&bih=659&dpr=1#imgrc=DWHpU2G4eUz9xM: (Kamis/8/11/2018/16:38)
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ (Kamis/8/11/2018/16:43)
Komentar
Posting Komentar