JENIS-JENIS BISNIS

PASAR MONOPSONI 
  
Pasar Monopsoni adalah keadaan di mana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Pasar monopsoni dapat terjadi karena pengkhususan sumber yang digunakan oleh pemakai tertentu dan imobilitas sumber yang digunakan dalam suatu daerah tertentu oleh perusahaan tertentu.

 Ciri-Ciri Pasar Monopsoni :


1. Hanya terdapat satu pembeli, pembeli menjadi pihak sentral penentu harga
         Di pasar monopsoni hanya terdapat satu pembeli. Jadi satu pembeli ini adalah pihak sentral yang bisa mengendalikan harga. Penjual biasanya harus menuruti keinginan pembeli, karena pembeli ini adalah satu-satunya yang dapat membeli produk.

2.  Produk yang beredar fokus pada bahan mentah
          Pasar monopsoni biasanya memperdagangkan produk mentah karena aktivitas di pasar ini sifatnya adalah distribusi barang. Hal ini karena produk yang dibeli oleh pembeli tunggal, nantinya akan dijual kembali kepada pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Maka dari itu umumnya barang-barang yang dijual adalah bahan mentah sehingga dapat diolah menjadi barang yang bisa digunakan oleh konsumen.

3.  Harga ditentukan sesuai keinginan pembeli
        Di pasar ini pembeli memiliki kekuatan penuh terhadap seluruh aktivitas perdagangan. Harga ditentukan oleh pembeli. Namun, pembeli harus memiliki banyak pertimbangan sebelum menentukan harga. Misalnya, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya.

4.  Pendapatan yang tidak merata
        Penyebab terjadinya pendapatan yang tidak merata disebabkan oleh penjual yang hanya menjual barangnya kepada pembeli tunggal yang memiliki kewenangan mengatur harga. Disini penjual juga tidak dapat berbuat banyak dengan menentukan harga tinggi kepada pembeli, karena penjual juga kesulitan mencari produk untuk dijual kepada pembeli lain. 

5.  Perselisihan pembeli dan penjual
        Hal ini sering terjadi karena disebabkan oleh ketidakcocokan harga, dimana penjual menginginkan harga jual tinggi sementara pembeli ingin membeli dengan harga rendah.


 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopsoni:

  • Kelebihan
1. Kualitas barang jauh lebih terjamin
    

Pembeli hanya ingin membeli dan menghasilkan produk yang berkualitas. Tentu saja dibalik produk yang berkuakitas harus ada barang yang memenuhi kriteria agar bisa menjadi produk yang berkualitas. Maka dari itu penjual harus konsisten untuk mempertahankan produknya agar masuk ke dalam kriteria pembeli. Jika penjual tidak bisa konsisten maka, pembeli tidak akan membeli produk itu lagi dan otomatis penjual tidak akan mendapat penghasilan.


2. Penjual terus mengasah inovasi dan kreativitas 
    
Dengan tuntutan menghasilkan barang yang berkualitas, penjual diminta agar melakukan pengeluaran minimum dengan bahan-bahan yang berkualitas dan terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang bermutu.


3. Lebih mudah mengelola sumber penjualan
    
Penjual bisa langsung menjual barangnya ke satu pembeli yang pasti. Penjual juga tidak perlu menunggu barang dikirim ke pasar. Pembeli tunggal yang nanti akan mendistribusikan ke pasar/tempat lain.


 4. Penjual lebih mudah mencari pembeli

Di pasar ini penjual tidak perlu kesulitan apalagi mencari pembeli untuk melakukan iklan dan promosi karena di pasar ini hanya akan ada satu pembeli dan pembeli tersebut pasti akan membeli produk yang ditawarkan oleh penjual



  • Kekurangan
 1.     Ketidakcocokan harga


Dikarenakan pembeli berperan sebagai pengatur harga, terkadang pembeli bebas menyalahgunakan perannya. Hal ini dapat menimbulkan penjual produk rugi. Dengan demikian, harga pembeli tidak cocok dengan harga yang diinginkan oleh penjual.

     
2.   Penjual bisa merasakan masalah ekonomi

Hal yang menyebabkan munculnya masalah ekonomi dirasakan oleh penjual disebabkan oleh pembeli yang menginginkan harga rendah. Sementara jika penjual tidak menerima tawaran pembeli tersebut, maka barang tersebut tidak ada yang membeli selain pembeli tersebut.  Hal ini disebabkan karena pasar ini hanya memiliki satu pembeli.

Contoh dari  Pasar Monopsoni 




           Contohnya adalah para petani di daerah terpencil. Mereka terpaksa menjual hasil panen mereka kepada pedagang karena mereka akan kesulitan jika menjual produknya ke tempat lain.
    

    PASAR MONOPOLI

Pasar monopoli adalah suatu jenis pasar yang hanya terdapat satu penjual atau satu perusahaan yang dapat menguasai seluruh penawarannya. Perusahaan yang monopoli menghasilkan produk yang tidak dapat di produksi oleh perusahaan lain.


     Ciri-Ciri Pasar Monopoli:
 
    1.     Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual
     Barang atau jasa hanya dapat dibeli di pasar monopoli saja tidak ada di tempat lain.
    
      2.  Jenis barang yang di produksi atau dijual tidak ada barang penggantinya 
     Barang yang dihasilkan adalah barang satu-satunya dan jenis barang tersebut tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.

      3. Adanya hambatan atau rintangan bagi perusahaan baru yang akan masuk ke pasar monopoli
     Hambatan dapat berupa legalitas yaitu digunakan sangat tinggi sehingga sulit ditiru. 

      4. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginan
     Penjual tidak mempengaruhi harga output dari produk lain dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.
   
      5. Sifat monopolinya menyebabkan perusahaan tidak memerlukan iklan atau promosi untuk memasarkan produknya

    
     Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

  •     Kelebihan
1. Kreativitas dan inovasi tetap dilakukan oleh produsen untuk mempertahankan posisinya.
     2. Tidak ada pertikaian dan persaingan tidak sehat antar produsen.
     3. Adanya sistem hak paten atau hak cipta atas sebuah produk akan memotivasi pihak lain untuk memunculkan inovasi baru yang dapat menyaingi produk tersebut.
     4. Jika monopoli dipegang oleh badan usaha pemerintah (negara) maka akan mudah memenuhi kebutuhan dan kepentingan umum. 
 
  •     Kekurangan
1. Memicu perkembangan pasar gelap dan transaksi illegal lain karena barang yang sulit didapatkan atau harga yang dianggap terlalu mahal. 
     2. Sering muncul ketidakadilan karena hanya satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lain hanya bisa menerima  
3.Unsur eksploitasi sangat kental dalam pasar monopoli ini, karena perusahaan besar tersebut bebas melakukan apapun dengan dana dan tenaga yang mereka miliki. Hal ini akan merugikan semua pihak. 
 
Klasifikasi Macam-Macam Pasar Monopoli:
 1. Monopoli Pemerintah dan Negara
·    Monopoli pemerintah dan negara adalah monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dengan tujuan memenuhi kepentingan hajat hidup orang banyak. Monopoli oleh pemerintah cenderung memberikan banyak dampak positif terhadap masyarakatnya karena mereka tidak mengedepankan pencarian laba dalam menjalankan kegiatan ekonomi. 
    
     2. Monopoli secara Alamiah  
     Monopoli ini terjadi karena pengaruh sumber daya alam, iklim atau situasi alam khas yang tidak dimiliki pihak lain sehingga perusahaan yang memiliki akses terhadap kekayaan tersebut dapat melakukan monopoli untuk produk itu.


     3. Monopoli karena Hak atas Kekayaan Intelektual  
     Ada beberapa jenis hak yang dapat didapatkan produsen terhadap produknya, antar lain:
     a. Hak Cipta 
Hak cipta adalah hak ekslusif pencipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu atas karyanya.

b. Hak Paten
Hak paten adalah hak ekslusif yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya dalam bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.  
     
     c. Hak Merk
 Hak merk adalah hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang terdaftar dalam daftar umum merk untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merk tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

4. Monopoli karena Efisiensi Kerja
     Efisiensi kerja disini yaitu kemampuan suatu perusahaan untuk memproduksi produk yang bagus dengan dana yang rendah sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih murah. Metode produksi ini biasanya hanya diketahui oleh perusahaan tersebut dan barang yang diproduksi akan memiliki hak cipta. Karena perusahaan lain tidak mengetahui metode yang digunakan dan membutuhkan harga tinggi untuk membuat produk yang sejenis, maka mereka kalah saing dari segi harga. Oleh karena itu perusahaan dengan kemampuan efisiensi kerja yang baik dapat memonopoli pasar.

      5. Monopoli karena Bahan Baku
      Bahan baku adalah bahan dasar yang dapat berasal dari berbagai tempat yang mana bahan tersebut dapat diolah dengan proses tertentu untuk membentuk produk baru yang wujud dan bentuknya berbeda. Penguasaan bahan baku oleh produsen tertentu juga dapat melahirkan pasar monopoli. Biasanya bahan baku dapat digunakan untuk membuat banyak produk, untuk bahan baku yang sulit ditemukan dan hanya terdapat ditempat tertentu, maka biasanya akan ada satu perusahaan besar yang menguasai bahan tersebut. Hal inilah yang dapat memacu timbulnya monopoli oleh perusahaan itu.  

6. Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli
    Pada zaman modern teknologi dan tenaga ahli merupakan sumber daya yang sangat penting. Contoh monopoli karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli adalah penguasaan oleh Microsoft dalam bidang sistem operasi, walaupun sering dibandingkan dengan Apple dalam teknologi secara umum, tetapi dalam sistem operasi komputer, microsoft dengan windowsnya merupakan penguasa pasar ini. 

7. Monopoli Karena Masyarakat
Pasar monopoli ini terbentuk karena adanya kepercayaan masyarkat terhadap suatu perusahaan tertentu. Kepercayaan ini dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pelayanan, kualitas produk, keunikan produk, dll. 

Contoh dari Pasar Monopoli 













  PASAR OLIGOPSONI 

   Pasar Oligopsoni adalah dua atau lebih penjual yang menguasai pasar dalam hal penerimaan pasokan atau berperan sebagai pembeli tunggal atas barang/jasa di dalam suatu pasar komoditas.


   
 Ciri-Ciri Pasar Oligopsoni :

   

    1. Terdapat beberapa pembeli 
    Meskipun menguasai pasar, pembeli tidak dapat bertindah semena-mena karena dapat menyebabkan kerugian pada dirinya sendiri. Jika pembeli melakukan kesalahan, mungkin saja produsen akan mencari pembeli yang baru 
   2. Umumnya pembeli adalah distributor
    Sebagian besar konsumennya adalah distributor. Mereka membeli produk yang nantinya akan dijual lagi kepada konsumen akhir.
    3. Produknya adalah bahan mentah
     Semua yang dijual di pasar ini adalah bahan mentah yang nantinya akan diolah oleh pembeli dan dijual kepada para konsumen 
    4. Harga produk cenderung stabil
    Ketika produsen menaikkan harga maka konsumen akan berpindah ke produsen lain yang menawarkan harga lebih murah. Saat terjadi masalah perekonomian, misalnya terjadi inflasi atau deflasi, maka pihak produsen dan konsumen akan sama-sama menanggungnya.
    5. Jenis barang sedikit
      Pasar ini terbentuk berdasarkan potensi yang ada di suatu daerah. Misalnya potensi di suatu daerah adalah susu sapi, maka pasar Oligopsoni di daerah tersebut dikuasai oleh susu sapi saja.
    6. Pendapatan merata
     Pendapatan para penjual di pasar ini cenderung merata karena di pasar ini tidak terjadi monopoli ataupun penentuan secara semena-mena.


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopsoni: 


  • Kelebihan
1. Hak penjual lebih dilindungi
Hak penjual lebih dilindungi dibandingka di pasar monopsoni, karena penjual bisa berpindah pembeli pada pembeli lain dan tidak merasa dirugikan. 
2.Pembeli tidak seenaknya mengatur harga
Berbeda dari pasar monopsoni, di pasar oligopsoni pembeli tidak bisa menekan harga kepada penjual karena itu bisa menyebabkan kerugian pada penjual.

  • Kekurangan
1. Kualitas produk kurang baik
Penjual bisa jadi kurang konsisten dalam mempertahankan barangnya dikarenakan tidak berpusat pada satu pembeli saja.
2. Potensi terjadinya manipulasi harga
Beberapa pembeli melakukan kerja sama untuk memainkan harga, hal ini bisa berdampak merugikan bagi penjual.
3. Menurunnya kreativitas
Karena bukan berpusat pada satu pembeli, penjual akhirnya hanya mementingkan produksi barang sebanyak mungkin tanpa memikirkan inovasi dan kreativitas.
 
Contoh dari Pasar Oligopsoni
 

Contohnya adalah usaha konstruksi bangunan




PASAR OLIGOPOLI
  
Pasar Oligopoli adalah pasar dimana jumlah penjual tidak begitu banyak atau hanya terdapat beberapa produsen saja namun jumlah pembelinya di pasar banyak. Dilihat barang yang diperjual belikan, di pasar oligopoli ini barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen atau sulit untuk dibedakan meskipun produsennya berbeda- beda.
 
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli :
1. Pasar dikuasai oleh beberapa produsen saja atau produsen yang ada jumlahnya tidak banyak
2.  Terdapat produsen yang berkuasa diantara produsen- produsen lainnya.
3.  Harga produk dari satu produsen dengan produsen lain cenderung sama 
4. Jenis produk yang diperjual belikan adalah bersifat homogen sehingga sulit untuk dibedakan kualitasnya
5. Harga produk yang berlaku di pasar biasanya mengikuti dari harga produsen yang produknya paling laris    
 
 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli:
  •  Kelebihan
1. Produk memiliki kualitas terbaik 
Produk yang beredar di pasar memiliki kualitas terbaik. Hal ini karena dalam pasar oligopoli persaingan  sangat ketat. Dalam pasar oligopoli kualitas sangat diperhatikan sehingga seberapapun kualitas  berubah pasti dampaknya akan besar terhadap penjualan. Karena itu inovasi dan kreativitas harus selalu dikembangkan agar menghasilkan produk yang memiliki kualitas terbaik
 2. Harga produk standar dan sesuai keinginan konsumen  
Produsen tidak akan bisa menaikkan harga terlalu tinggi. Karena jika hal itu terjadi, maka konsumen akan berpindah ke produsen lain yang menjual barang yang hampir sama.
3. Banyak pilihan
Dengan banyaknya variasi dari produsen, hal ini bisa menjadi keuntungan sendiri bagi masyarakat karena bisa disesuaikan dengan selera masing- masing.
 
  • Kekurangan
1. Produsen baru sulit untuk masuk
Memang dalam memasuki pasar oligopoli bagi produsen baru terasa lebih sulit karena persaingan sangat ketat. Produsen selain harus bersaing dengan menciptakan produk yang berkualitas, juga memerlukan modal untuk iklan.
2. Peranan produsen yang berkuasa akan sangat mempengaruhi pasar  
Di dalam pasar oligopoli ada produsen yang sangat berkuasa di antara beberapa produsen. Tindakan produsen yang berkuasa ini akan sangat berpengaruh bagi pasar dan juga bagi produsen- produsen lainnya.
3. Banyak modal untuk iklan
Produsen perlu membuat iklan agar produknya dikenal oleh masyarakat.


Jenis- jenis Pasar Oligopoli:
  1. Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli)
Pasar oligopoli murni merupakan pasar oligopoli dimana produk yang dijual bersifat identik atau sangat mirip sehingga untuk mebedakan sangat sulit antara produk dari satu produsen dengan produsen lain, baik dari segi kualitas maupun corak yang dimilikinya. Lantas untuk membedakannya, biasanya hanya berpatokan pada merk yang tertera pada produk tersebut. Adapun  contoh dari pasar pure oligopoli ini antara lain adalah air mineral, produk semen, minyak goreng, seng dan lainnya yang sangat mirip.
  1. Pasar tentunya dengan berbaga Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly)
Jenis pasar oligopoli terdiferensiasi ini merupakan pasar oligopoli dimana barang yang dijual bersifat homogen, sulit dibedakan atas kualitasnya namun bisa dibedakan berdasarkan coraknya. Corak yang dimaksud ini bisa saja dari bentuknya, dari aromanya maupun dari rasa yang dimilikinya. Adapun jenis pasar ini sebagai contoh adalah pasar sepeda motor yang dibedakan atas bentuknya, parfum yang dibedakan atas aromanya.


Contoh dari Pasar Oligopoli


  


REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Monopsoni ( Kamis/4/10/2018/19:19)
https://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-pasar-monopsoni.html
( Kamis/4/10/2018/20:01)
http://bahasekonomi.blogspot.com/2018/05/pengertian-pasar-monopsoni-contoh-dan.html ( Jumat/5/10/2018/16:28)
http://www.ilmuekonomi.net/2015/10/pengertian-contoh-ciri-ciri-kebaikan-dan-keburukan-pasar-monopsoni.html (Jumat/5/10/2018/19:46)
https://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/ (Jumat/5/10/2018/20:19)
http://www.ilmudasar.com/2017/08/Pengertian-Ciri-Kelebihan-dan-Kekurangan-Pasar-Monopoli-adalah.html (Jumat/5/10/2018/21:36)
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/publik/pasar-monopoli
(jumat/5/10/2018/21:45)
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopsoni.html
(Jumat/5/10/2018/22:24)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&biw=1366&bih=654&tbm=isch&sa=1&ei=DIK3W-rTBIrivASB-pGwAw&q=konstruksi+bangunan&oq=konstruksi+bangunan&gs_l=img.3..0l9j0i30k1.867810.876318.0.876684.30.23.5.2.3.0.172.1848.11j8.19.0....0...1c.1.64.img..4.24.1697.0..0i5i30k1j0i24k1.0.ejA-KqmQnzA#imgrc=dhkJCo301m4liM: (Jumat/5/10/2018/22:39)
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pasar-oligopoli (Jumat/5/10/2018/23:43)
https://www.google.com/search?q=contoh+pasar+oligopoli&safe=strict&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwimnKzh5e_dAhWKT30KHfmNANMQ_AUIDigB&biw=1366&bih=654#imgrc=dziVPY4zgrzviM: (Jumat/5/10/2018/00:12)

 
 
    


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Pencaharian di Surabaya

Joint Venture dan Waralaba (Franchise)