JENIS-JENIS BISNIS
PASAR MONOPSONI
Pasar Monopsoni adalah keadaan di mana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Pasar monopsoni dapat terjadi karena pengkhususan sumber yang digunakan oleh pemakai tertentu dan imobilitas sumber yang digunakan dalam suatu daerah tertentu oleh perusahaan tertentu.
Ciri-Ciri Pasar Monopsoni :
1. Hanya terdapat satu pembeli, pembeli menjadi pihak sentral penentu harga
Di pasar monopsoni hanya terdapat satu pembeli. Jadi satu pembeli ini adalah pihak sentral yang bisa mengendalikan harga. Penjual biasanya harus menuruti keinginan pembeli, karena pembeli ini adalah satu-satunya yang dapat membeli produk.
2. Produk yang beredar fokus pada bahan mentah
Pasar monopsoni biasanya memperdagangkan produk mentah karena aktivitas di pasar ini sifatnya adalah distribusi barang. Hal ini karena produk yang dibeli oleh pembeli tunggal, nantinya akan dijual kembali kepada pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Maka dari itu umumnya barang-barang yang dijual adalah bahan mentah sehingga dapat diolah menjadi barang yang bisa digunakan oleh konsumen.
3. Harga ditentukan sesuai keinginan pembeli
Di pasar ini pembeli memiliki kekuatan penuh terhadap seluruh aktivitas perdagangan. Harga ditentukan oleh pembeli. Namun, pembeli harus memiliki banyak pertimbangan sebelum menentukan harga. Misalnya, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya.
4. Pendapatan yang tidak merata
Penyebab terjadinya pendapatan yang tidak merata disebabkan oleh penjual yang hanya menjual barangnya kepada pembeli tunggal yang memiliki kewenangan mengatur harga. Disini penjual juga tidak dapat berbuat banyak dengan menentukan harga tinggi kepada pembeli, karena penjual juga kesulitan mencari produk untuk dijual kepada pembeli lain.
5. Perselisihan pembeli dan penjual
b. Hak Paten
4. Monopoli karena Efisiensi Kerja
6. Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli
Jenis- jenis Pasar Oligopoli:
Contoh dari Pasar Oligopoli
REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Monopsoni ( Kamis/4/10/2018/19:19)
https://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-pasar-monopsoni.html
( Kamis/4/10/2018/20:01)
http://bahasekonomi.blogspot.com/2018/05/pengertian-pasar-monopsoni-contoh-dan.html ( Jumat/5/10/2018/16:28)
http://www.ilmuekonomi.net/2015/10/pengertian-contoh-ciri-ciri-kebaikan-dan-keburukan-pasar-monopsoni.html (Jumat/5/10/2018/19:46)
https://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/ (Jumat/5/10/2018/20:19)
http://www.ilmudasar.com/2017/08/Pengertian-Ciri-Kelebihan-dan-Kekurangan-Pasar-Monopoli-adalah.html (Jumat/5/10/2018/21:36)
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/publik/pasar-monopoli
(jumat/5/10/2018/21:45)
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopsoni.html
(Jumat/5/10/2018/22:24)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&biw=1366&bih=654&tbm=isch&sa=1&ei=DIK3W-rTBIrivASB-pGwAw&q=konstruksi+bangunan&oq=konstruksi+bangunan&gs_l=img.3..0l9j0i30k1.867810.876318.0.876684.30.23.5.2.3.0.172.1848.11j8.19.0....0...1c.1.64.img..4.24.1697.0..0i5i30k1j0i24k1.0.ejA-KqmQnzA#imgrc=dhkJCo301m4liM: (Jumat/5/10/2018/22:39)
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pasar-oligopoli (Jumat/5/10/2018/23:43)
https://www.google.com/search?q=contoh+pasar+oligopoli&safe=strict&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwimnKzh5e_dAhWKT30KHfmNANMQ_AUIDigB&biw=1366&bih=654#imgrc=dziVPY4zgrzviM: (Jumat/5/10/2018/00:12)
Pasar Monopsoni adalah keadaan di mana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Pasar monopsoni dapat terjadi karena pengkhususan sumber yang digunakan oleh pemakai tertentu dan imobilitas sumber yang digunakan dalam suatu daerah tertentu oleh perusahaan tertentu.
Ciri-Ciri Pasar Monopsoni :
1. Hanya terdapat satu pembeli, pembeli menjadi pihak sentral penentu harga
Di pasar monopsoni hanya terdapat satu pembeli. Jadi satu pembeli ini adalah pihak sentral yang bisa mengendalikan harga. Penjual biasanya harus menuruti keinginan pembeli, karena pembeli ini adalah satu-satunya yang dapat membeli produk.
2. Produk yang beredar fokus pada bahan mentah
Pasar monopsoni biasanya memperdagangkan produk mentah karena aktivitas di pasar ini sifatnya adalah distribusi barang. Hal ini karena produk yang dibeli oleh pembeli tunggal, nantinya akan dijual kembali kepada pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Maka dari itu umumnya barang-barang yang dijual adalah bahan mentah sehingga dapat diolah menjadi barang yang bisa digunakan oleh konsumen.
3. Harga ditentukan sesuai keinginan pembeli
Di pasar ini pembeli memiliki kekuatan penuh terhadap seluruh aktivitas perdagangan. Harga ditentukan oleh pembeli. Namun, pembeli harus memiliki banyak pertimbangan sebelum menentukan harga. Misalnya, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya.
4. Pendapatan yang tidak merata
Penyebab terjadinya pendapatan yang tidak merata disebabkan oleh penjual yang hanya menjual barangnya kepada pembeli tunggal yang memiliki kewenangan mengatur harga. Disini penjual juga tidak dapat berbuat banyak dengan menentukan harga tinggi kepada pembeli, karena penjual juga kesulitan mencari produk untuk dijual kepada pembeli lain.
5. Perselisihan pembeli dan penjual
Hal ini sering terjadi karena disebabkan oleh
ketidakcocokan harga, dimana penjual menginginkan harga jual tinggi sementara
pembeli ingin membeli dengan harga rendah.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopsoni:
- Kelebihan
Pembeli hanya ingin membeli dan menghasilkan produk
yang berkualitas. Tentu saja dibalik produk yang berkuakitas harus ada barang
yang memenuhi kriteria agar bisa menjadi produk yang berkualitas. Maka dari itu
penjual harus konsisten untuk mempertahankan produknya agar masuk ke dalam
kriteria pembeli. Jika penjual tidak bisa konsisten maka, pembeli tidak akan
membeli produk itu lagi dan otomatis penjual tidak akan mendapat penghasilan.
2. Penjual terus mengasah inovasi dan kreativitas
Dengan tuntutan menghasilkan barang yang
berkualitas, penjual diminta agar melakukan pengeluaran minimum dengan
bahan-bahan yang berkualitas dan terus berinovasi dalam menghasilkan produk
yang bermutu.
3. Lebih
mudah mengelola sumber penjualan
Penjual bisa langsung menjual barangnya ke
satu pembeli yang pasti. Penjual juga tidak perlu menunggu barang dikirim ke
pasar. Pembeli tunggal yang nanti akan mendistribusikan ke pasar/tempat lain.
4. Penjual lebih mudah mencari pembeli
Di pasar ini penjual tidak perlu kesulitan
apalagi mencari pembeli untuk melakukan iklan dan promosi karena di pasar ini
hanya akan ada satu pembeli dan pembeli tersebut pasti akan membeli produk yang
ditawarkan oleh penjual
- Kekurangan
Dikarenakan pembeli berperan sebagai pengatur
harga, terkadang pembeli bebas menyalahgunakan perannya. Hal ini dapat
menimbulkan penjual produk rugi. Dengan demikian, harga pembeli tidak cocok
dengan harga yang diinginkan oleh penjual.
2. Penjual bisa merasakan masalah ekonomi
Hal yang menyebabkan munculnya masalah
ekonomi dirasakan oleh penjual disebabkan oleh pembeli yang menginginkan harga
rendah. Sementara jika penjual tidak menerima tawaran pembeli tersebut, maka
barang tersebut tidak ada yang membeli selain pembeli tersebut. Hal ini disebabkan karena pasar ini hanya
memiliki satu pembeli.
Contoh dari Pasar Monopsoni
Contohnya adalah para petani di daerah terpencil. Mereka
terpaksa menjual hasil panen mereka kepada pedagang karena mereka akan
kesulitan jika menjual produknya ke tempat lain.
PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli adalah suatu jenis pasar yang hanya terdapat satu penjual atau satu perusahaan yang dapat menguasai seluruh penawarannya. Perusahaan yang monopoli menghasilkan produk yang tidak dapat di produksi oleh perusahaan lain.
Ciri-Ciri Pasar Monopoli:
1. Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual
Barang atau jasa hanya dapat dibeli di pasar monopoli saja tidak ada di tempat lain.
2. Jenis barang yang di produksi atau dijual tidak ada barang penggantinya
Barang yang dihasilkan adalah barang satu-satunya dan jenis barang tersebut tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.
3. Adanya hambatan atau rintangan bagi perusahaan baru yang akan masuk ke pasar monopoli
Hambatan dapat berupa legalitas yaitu digunakan sangat tinggi sehingga sulit ditiru.
4. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginan
Penjual tidak mempengaruhi harga output dari produk lain dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.
5. Sifat monopolinya menyebabkan perusahaan tidak memerlukan iklan atau promosi untuk memasarkan produknya
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli
PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli adalah suatu jenis pasar yang hanya terdapat satu penjual atau satu perusahaan yang dapat menguasai seluruh penawarannya. Perusahaan yang monopoli menghasilkan produk yang tidak dapat di produksi oleh perusahaan lain.
Ciri-Ciri Pasar Monopoli:
1. Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual
Barang atau jasa hanya dapat dibeli di pasar monopoli saja tidak ada di tempat lain.
2. Jenis barang yang di produksi atau dijual tidak ada barang penggantinya
Barang yang dihasilkan adalah barang satu-satunya dan jenis barang tersebut tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.
3. Adanya hambatan atau rintangan bagi perusahaan baru yang akan masuk ke pasar monopoli
Hambatan dapat berupa legalitas yaitu digunakan sangat tinggi sehingga sulit ditiru.
4. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginan
Penjual tidak mempengaruhi harga output dari produk lain dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.
5. Sifat monopolinya menyebabkan perusahaan tidak memerlukan iklan atau promosi untuk memasarkan produknya
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli
- Kelebihan
2. Tidak ada pertikaian dan persaingan tidak sehat antar
produsen.
3. Adanya sistem hak paten atau hak cipta atas sebuah produk
akan memotivasi pihak lain untuk memunculkan inovasi baru yang dapat menyaingi
produk tersebut.
4. Jika monopoli dipegang oleh badan usaha pemerintah
(negara) maka akan mudah memenuhi kebutuhan dan kepentingan umum.
- Kekurangan
2. Sering muncul ketidakadilan karena hanya
satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lain hanya bisa
menerima
3.Unsur eksploitasi sangat kental dalam
pasar monopoli ini, karena perusahaan besar tersebut bebas melakukan
apapun dengan dana dan tenaga yang mereka miliki. Hal ini akan
merugikan semua pihak.
Klasifikasi Macam-Macam Pasar Monopoli:
1.
Monopoli Pemerintah dan Negara
·
Monopoli pemerintah dan negara adalah monopoli oleh negara untuk cabang-cabang
produksi penting bagi negara dengan tujuan memenuhi kepentingan hajat hidup
orang banyak. Monopoli oleh pemerintah cenderung memberikan banyak dampak
positif terhadap masyarakatnya karena mereka tidak mengedepankan pencarian laba
dalam menjalankan kegiatan ekonomi.
2. Monopoli secara Alamiah
Monopoli ini terjadi karena pengaruh sumber daya alam, iklim atau situasi alam khas yang tidak dimiliki pihak lain sehingga perusahaan yang memiliki akses terhadap kekayaan tersebut dapat melakukan monopoli untuk produk itu.
Monopoli ini terjadi karena pengaruh sumber daya alam, iklim atau situasi alam khas yang tidak dimiliki pihak lain sehingga perusahaan yang memiliki akses terhadap kekayaan tersebut dapat melakukan monopoli untuk produk itu.
3. Monopoli karena Hak atas Kekayaan Intelektual
Ada beberapa jenis hak yang dapat didapatkan produsen terhadap produknya, antar
lain:
a. Hak Cipta
Hak cipta adalah hak ekslusif pencipta untuk mengatur penggunaan
hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu atas karyanya.
b. Hak Paten
Hak paten
adalah hak ekslusif yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya
dalam bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
c.
Hak Merk
Hak merk adalah hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang
terdaftar dalam daftar umum merk untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan
sendiri merk tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk
menggunakannya.
4. Monopoli karena Efisiensi Kerja
Efisiensi kerja disini yaitu kemampuan suatu perusahaan untuk memproduksi
produk yang bagus dengan dana yang rendah sehingga dapat dijual dengan harga
yang lebih murah. Metode produksi ini biasanya hanya diketahui oleh perusahaan
tersebut dan barang yang diproduksi akan memiliki hak cipta. Karena perusahaan
lain tidak mengetahui metode yang digunakan dan membutuhkan harga tinggi untuk
membuat produk yang sejenis, maka mereka kalah saing dari segi harga. Oleh
karena itu perusahaan dengan kemampuan efisiensi kerja yang baik dapat
memonopoli pasar.
5.
Monopoli karena Bahan Baku
Bahan baku adalah bahan dasar yang dapat berasal dari berbagai tempat yang mana
bahan tersebut dapat diolah dengan proses tertentu untuk membentuk produk baru
yang wujud dan bentuknya berbeda. Penguasaan bahan baku oleh produsen tertentu
juga dapat melahirkan pasar monopoli. Biasanya bahan baku dapat digunakan untuk
membuat banyak produk, untuk bahan baku yang sulit ditemukan dan hanya terdapat
ditempat tertentu, maka biasanya akan ada satu perusahaan besar yang menguasai
bahan tersebut. Hal inilah yang dapat memacu timbulnya monopoli oleh perusahaan
itu.
6. Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli
Pada
zaman modern teknologi dan tenaga ahli merupakan sumber daya yang sangat
penting. Contoh monopoli karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli adalah
penguasaan oleh Microsoft dalam bidang sistem operasi, walaupun sering
dibandingkan dengan Apple dalam teknologi secara umum, tetapi dalam sistem
operasi komputer, microsoft dengan windowsnya merupakan penguasa pasar ini.
7.
Monopoli Karena Masyarakat
Pasar monopoli ini terbentuk karena adanya kepercayaan masyarkat
terhadap suatu perusahaan tertentu. Kepercayaan ini dapat terbentuk karena
dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pelayanan, kualitas produk, keunikan
produk, dll.
Contoh dari Pasar Monopoli
PASAR
OLIGOPSONI
Pasar Oligopsoni adalah dua atau
lebih penjual yang menguasai pasar dalam hal penerimaan pasokan atau berperan
sebagai pembeli tunggal atas barang/jasa di dalam suatu pasar komoditas.
Ciri-Ciri Pasar
Oligopsoni :
1. Terdapat beberapa
pembeli
Meskipun menguasai pasar,
pembeli tidak dapat bertindah semena-mena karena dapat menyebabkan kerugian
pada dirinya sendiri. Jika pembeli melakukan kesalahan, mungkin saja produsen
akan mencari pembeli yang baru
2. Umumnya pembeli adalah distributor
Sebagian besar
konsumennya adalah distributor. Mereka membeli produk yang nantinya akan dijual
lagi kepada konsumen akhir.
3. Produknya adalah bahan
mentah
Semua yang dijual di pasar ini adalah bahan mentah yang nantinya akan diolah oleh pembeli dan dijual kepada para konsumen
4. Harga produk cenderung stabil
Ketika produsen menaikkan harga maka konsumen akan berpindah ke produsen lain yang menawarkan harga lebih murah. Saat
terjadi masalah perekonomian, misalnya terjadi inflasi atau deflasi,
maka pihak produsen dan konsumen akan sama-sama menanggungnya.
5. Jenis barang sedikit
Pasar ini terbentuk berdasarkan potensi yang ada di suatu daerah.
Misalnya potensi di suatu daerah adalah susu sapi, maka pasar Oligopsoni
di daerah tersebut dikuasai oleh susu sapi saja.
6. Pendapatan merata
Pendapatan para penjual di pasar ini cenderung merata karena di pasar
ini tidak terjadi monopoli ataupun penentuan secara semena-mena.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopsoni:
- Kelebihan
Hak penjual lebih dilindungi dibandingka di pasar monopsoni, karena penjual bisa berpindah pembeli pada pembeli lain dan tidak merasa dirugikan.
2.Pembeli tidak seenaknya mengatur harga
Berbeda dari pasar monopsoni, di pasar oligopsoni pembeli tidak bisa menekan harga kepada penjual karena itu bisa menyebabkan kerugian pada penjual.
- Kekurangan
Penjual bisa jadi kurang konsisten dalam mempertahankan barangnya dikarenakan tidak berpusat pada satu pembeli saja.
2. Potensi terjadinya manipulasi harga
Beberapa pembeli melakukan kerja sama untuk memainkan harga, hal ini bisa berdampak merugikan bagi penjual.
3. Menurunnya kreativitas
Karena bukan berpusat pada satu pembeli, penjual akhirnya hanya mementingkan produksi barang sebanyak mungkin tanpa memikirkan inovasi dan kreativitas.
Contoh dari Pasar Oligopsoni
Contohnya adalah usaha konstruksi bangunan
PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopoli adalah pasar dimana jumlah
penjual tidak begitu banyak atau hanya terdapat beberapa produsen saja
namun jumlah pembelinya di pasar banyak. Dilihat barang yang diperjual
belikan, di pasar oligopoli ini barang yang diperjualbelikan sifatnya
homogen atau sulit untuk dibedakan meskipun produsennya berbeda- beda.
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli :
1. Pasar dikuasai oleh beberapa produsen saja atau produsen yang ada jumlahnya tidak banyak
2. Terdapat produsen yang berkuasa diantara produsen- produsen lainnya.
3. Harga produk dari satu produsen dengan produsen lain cenderung sama
4. Jenis produk yang diperjual belikan adalah bersifat homogen sehingga sulit untuk dibedakan kualitasnya
5. Harga produk yang berlaku di pasar biasanya mengikuti dari harga produsen yang produknya paling laris
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli:
- Kelebihan
Produk yang beredar di pasar memiliki
kualitas terbaik. Hal ini karena dalam pasar oligopoli persaingan
sangat ketat. Dalam pasar oligopoli kualitas sangat diperhatikan
sehingga seberapapun kualitas berubah pasti dampaknya akan besar
terhadap penjualan. Karena itu inovasi dan kreativitas harus selalu dikembangkan agar menghasilkan produk yang memiliki kualitas terbaik
2. Harga produk standar dan sesuai keinginan konsumen
Produsen tidak akan bisa menaikkan harga
terlalu tinggi. Karena jika hal itu terjadi, maka konsumen akan
berpindah ke produsen lain yang menjual barang yang hampir sama.
3. Banyak pilihan
Dengan banyaknya variasi dari produsen,
hal ini bisa menjadi keuntungan sendiri bagi masyarakat karena bisa
disesuaikan dengan selera masing- masing.
- Kekurangan
Memang dalam memasuki pasar oligopoli bagi
produsen baru terasa lebih sulit karena persaingan sangat ketat.
Produsen selain harus bersaing dengan menciptakan produk yang
berkualitas, juga memerlukan modal untuk iklan.
2. Peranan produsen yang berkuasa akan sangat mempengaruhi pasar
Di dalam pasar oligopoli ada produsen yang
sangat berkuasa di antara beberapa produsen. Tindakan produsen yang
berkuasa ini akan sangat berpengaruh bagi pasar dan juga bagi produsen-
produsen lainnya.
3. Banyak modal untuk iklan
Produsen perlu membuat iklan agar produknya dikenal oleh masyarakat.
Jenis- jenis Pasar Oligopoli:
- Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli)
- Pasar tentunya dengan berbaga Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly)
Contoh dari Pasar Oligopoli
REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Monopsoni ( Kamis/4/10/2018/19:19)
https://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-pasar-monopsoni.html
( Kamis/4/10/2018/20:01)
http://bahasekonomi.blogspot.com/2018/05/pengertian-pasar-monopsoni-contoh-dan.html ( Jumat/5/10/2018/16:28)
http://www.ilmuekonomi.net/2015/10/pengertian-contoh-ciri-ciri-kebaikan-dan-keburukan-pasar-monopsoni.html (Jumat/5/10/2018/19:46)
https://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/ (Jumat/5/10/2018/20:19)
http://www.ilmudasar.com/2017/08/Pengertian-Ciri-Kelebihan-dan-Kekurangan-Pasar-Monopoli-adalah.html (Jumat/5/10/2018/21:36)
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/publik/pasar-monopoli
(jumat/5/10/2018/21:45)
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopsoni.html
(Jumat/5/10/2018/22:24)
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b&biw=1366&bih=654&tbm=isch&sa=1&ei=DIK3W-rTBIrivASB-pGwAw&q=konstruksi+bangunan&oq=konstruksi+bangunan&gs_l=img.3..0l9j0i30k1.867810.876318.0.876684.30.23.5.2.3.0.172.1848.11j8.19.0....0...1c.1.64.img..4.24.1697.0..0i5i30k1j0i24k1.0.ejA-KqmQnzA#imgrc=dhkJCo301m4liM: (Jumat/5/10/2018/22:39)
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pasar-oligopoli (Jumat/5/10/2018/23:43)
https://www.google.com/search?q=contoh+pasar+oligopoli&safe=strict&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwimnKzh5e_dAhWKT30KHfmNANMQ_AUIDigB&biw=1366&bih=654#imgrc=dziVPY4zgrzviM: (Jumat/5/10/2018/00:12)
Komentar
Posting Komentar